Mungkin sebagian orang akan mengidentikan manager sebagai pemimpin, pengelola, atau atasan dalam sebuah perusahaan. Untuk mengetahui kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang manager, kita akan mendefinisikan terlebih dahulu apa pengertian manager.  Manager adalah orang yang melakukan serangkaian aktivitas yang digunakan untuk mengelola sumber daya (resource) untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi ada tiga kata kunci yang harus diingat ketika berbicara tentang manager yaitu aktivitas, mengelola sumber daya, dan tujuan.

Nah untuk menjadi seorang manager, kita harus tahu kemampuan apa saja yang harus dipunyai oleh seorang manager. Ada banyak sekali peran yang harus dijalankan oleh seorang manager, namun semua hal itu akan saya sederhanakan dalam 4 tugas pokok, check this out.

Pertama, Planning and decision making

Seorang manager harus mempunyai kemampuan merencanakan dan mengambil keputusan. Bisa dikatakan juga bahwa manager akan menjadi otak bagi  perusahaan. Dia akan membawa kearah mana perusahaan itu akan berjalan. Dalam menjalankan tugasnya nanti, seringkali manager akan menemui banyak permasalahan. So, kemampuan untuk merencanakan dan mengambil keputusan menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi berkembangnya perusahaan. Untuk mempunyai kemampuan semacam ini memang dibutuhkan latihan dan pembiasaan diri dan salah satu caranya adalah dengan banyak berorganisasi dan bersosialisasi.

Kedua, Organizing

Organizing sangat erat kaitannya dengan mengelola. Seorang manager akan memandang perusahaan sebagai sebuah sistem besar dengan banyak sekali komponen didalamnya.  Komponen itu terdiri dari banyak hal yang meliputi human resources, financial resources, physical resources dan information resources. Tentu dibutuhkan suatu kemampuan untuk mengelola berbagai komponen tadi supaya tujuan utama perusahaan bisa tercapai. Nah, pada dasar kita tidak akan bisa menyatukan berbagai komponen tadi. Karena apa? Karena setiap komponen akan mempunyai karakter yang berbeda. Seorang manager yang baik akan mengelola sebuah perusahaan sebagai sebuah sistem atau dalam istilah kerennya system thinking.

Ketiga, Controling

Kemampuan yang satu ini juga tidak kalah penting. Controling adalah kemampuan dimana seorang manager harus bisa melakukan pengendalian dan monitoring terhadap kebijakan yang sedang berjalan. Sangat disayangkan apabila kebijakan yang telah ditetapkan, tidak berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karenanya, seorang manager sesekali harus melakukan controling atas kebijakan yang sudah dibuatnya. Melalui hal ini, maka seorang manager akan mempunyai beragam informasi yang suatu saat bisa dijadikan sebagai langkah perbaikan berkelanjutan (continous improvement)

Keempat, Leading

Kepemimpinan adalah hal pokok yang harus dimiliki oleh seorang manager. Memimpin berarti kita akan menjadi contoh bagi bawahan kita. Contoh disini menyakut banyak hal, sikap kita, pemikiran kita dan tindakan kita secara langsung akan dilihat oleh orang lain. Jadi kepemimpinan bukan sekedar image, tapi yang jauh lebih penting adalah tindakan dan perilaku kita yang mencerminkan sebagai pemimpin.

Untuk menutup pembahasan kita kali ini, saya teringat dengan ungkapan Bill Gates. Dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Seorang pengusaha genius yang paling visioner di abad ke-21. Berikut adalah kutipannya.

“I failed in some subject in exam but my friend passed in all. Now he is an engineer in Microsoft and I am the owner of Microsoft.”

About these ads