Saya adalah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada angkatan 2011. Alasan saya memilih masuk di jurusan teknik mesin dan industri program studi teknik industri UGM adalah sebagai berikut. Alasan pertama adalah motivasi dari orang tua dan cita-cita saya sewaktu SMA. Motivasi orang tua datang karena dari keluarga sendiri belum ada yang melanjutkan pendidikan di UGM. Selain itu teman ayah saya bercerita bahwa anaknya yang lulus dari teknik industri UGM sekarang sudah bekerja di perusahaan besar di kota Kudus. Hal inilah yang membuat orang tua menyarankan saya supaya mengambil program studi teknik industri.

Alasan yang kedua setelah mendapat info dari guru, teman, dan browsing di internet ternyata biaya kuliah di UGM lebih terjangkau daripada di ITB maupun UI. Nah untuk itulah saya bersama orang tua akhirnya memutuskan untuk memilih fakultas teknik UGM.

Alasan ketiga adalah prospek kerja sarjana teknik industri masih cukup luas. Seperti halnya ilmu teknik lainnya, teknik industri juga mendesain sistem. Tapi sistem yang didesain berbeda. Sistem yang didesain oleh teknik industri adalah sistem yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi. Sehingga ilmu teknik industri mempunyai bidang pekerjaan yang luas seperti dibidang perbankan, engineer, konsultan, industri dan politik. Menurut sebuah survei, sebagian besar lulusan Teknik Industri memiliki penghasilan yang tinggi. Karena bidang pekerjaan yang luas dan penghasilan tinggi membuat saya mantap memilih teknik industri.

Alasan keempat adalah karena saya merasa TI sesuai dengan karakter saya, yaitu menguasai berbagai ilmu tidak secara mendalam melainkan secara meluas. Cakupan ilmu yang luas itu dikelompokkan menjadi production engineering, operation research,  ergonomics/human factors engineering dan manufacturing processes and systems. Melalui pendekatan multidisiplin dan multidimensi, masalah-masalah kompleks yang dihadapi oleh sebuah perusahaan akan mendapatkan solusi terbaiknya.