Sukses dalam karir pasti menjadi harapan semua orang. Salah satu usaha yang kita lakukan adalah dengan kuliah. Namun yang tidak biasa adalah sering ada orang yang sukses tanpa harus kuliah. Benarkah kuliah hanya untuk mencari kerja? Toh ternyata banyak orang yang sukses tanpa harus kuliah. Untuk itu saya akan menjelaskan hal ini pada postingan berikut.

Hampir semua orang tua ingin menjadikan anaknya sukses. Banyak hal yang dilakukan orang tua untuk membantu kita sukses. Seperti halnya saya sekarang yaitu belajar di salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia, UGM. Saya yakin apa yang ada di benak setiap mahasiswa saat ini adalah mengejar IPK setinggi-tingginya agar saat lulus nanti bisa di rekrut perusahaan besar dan bekerja disana. Memang pemikiran itu tidak salah, tapi akan lebih baik jika mengetahui apa tujuan sebernarnya kita kuliah.

Kuliah merupakan kesempatan yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Bayangkan untuk masuk di perguruan tinggi pun kita harus bersaing dengan jutaan orang. Sungguh kita akan menjadi orang yang tidak bersyukur jika menyia-nyiakan kesempatan berharga ini. Masih sering kita jumpai mahasiswa yang titip absen saat kuliah, telat masuk kelas dan malas mengerjakan tugas. Sungguh saat merugi mahasiswa semacam ini. Notabene punya cita-cita ingin sukses tapi tidak mau bekerja keras. Sering kali muncul bantahan yang mengatakan jika keberuntungan bisa mengalahkan orang  rajin. Saya rasa itu pernyataan salah karena keberuntungan hanya bisa dimanfaatkan oleh orang  yang mau bekerja keras dan bukan pada orang yang malas (menyepelekan masalah). So, belajar adalah tugas mahasiswa dan tidak ada alasan untuk tidak belajar.

Satu lagi hal yang sering kita jumpai saat ini adalah banyak lulusan sarjana yang karirnya tidak sesuai dengan jurusan pada waktu kuliah. Satu-satunya alasan karena memang kuliah bukan untuk mencari pekerjaan. Kuliah atau belajar pada dasarnya adalah upaya untuk mendewasakan diri. Dengan belajar kita akan terbiasa untuk memecahkan masalah secara urut dan logis serta mengubah pola pikir dan kepribadian menjadi lebih baik. Jadi jelas bahwa aktivitas yang kita jalani sebagai mahasiswa sekarang adalah sebuah proses belajar dan bukan untuk mencari pekerjaan.  Sehingga dengan memahami hal ini, mahasiswa tidak hanya berorientasi pada IPK yang tinggi tapi lebih dari itu bisa menerapkan ilmunya ditengah masyarakat.

Sukses adalah perjalanan, bukan tujuan!