Artikel kali ini membahas mengenai Student Exchange. Bagi sebagian orang, Student Exchange merupakan sesuatu yang wah. Bahkan yang menjadi ironi, sering kali kita berkecil hati saat mendengar kata-kata student exchange. Lalu apa sebenarnya program ini, dan mengapa kita merasa berkecil hati. Untuk itu simak uraian berikut.

Student Exchange atau dalam bahasa indonesia berarti pertukaran mahasiswa/pelajar merupakan program yang diselenggarakan oleh pihak tertentu untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa/pelajar untuk belajar di luar negeri dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa instansi terkait student exchange di antaranya AUN/SEED-net, erasmus mundus, STEPs dll. Masing-masing instansi tentu punya persyaratan dan kualifikasi khusus untuk program beasiswanya.

Saya yakin dari sekian mahasiswa belum berfikir untuk mengikuti student exchange. Kurangnya motivasi dan informasi membuat kita sebagai mahasiswa merasa kesulitan. Nah untuk menambah minat dan motivasi, saya akan menguraikan beberapa keuntungan mengikuti program ini.

Pertama adalah meeting new many people from all continents

Ketika kita ke luar negeri, otomatis kita akan bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia. Wow, Open your mind! Kenyataan bahwa dunia nggak selebar daun kelor terbukti benar. Hidup kita ngga sebatas di rumah, di kost atau di kampus. Tapi dengan kita mengikuti program student exchange selain belajar, kita juga bisa bersosialisasi dengan banyak teman di seluruh dunia. Dan ngga semua orang bisa mendapat kesempatan ini. So, kejar cita-cita kita. Karena hidup itu hanya sekali dan waktu tidak akan pernah kembali.

Kedua, adapting to the whole new surrounding and culture

Keuntungan selanjutnya adalah kita bisa melatih kepercayaan diri. Bayangkan ketika kita berada di ruangan yang berisi orang-orang bule yang sama sekali ngga bisa bahasa indonesia. Mau ngga mau kita harus berbicara dengan bahasa inggris. Nah, dalam keadaan ‘terdesak’ seperti ini kita akan mempunyai kemampuan adaptasi yang baik dalam berkomunikasi. Satu catatan penting adalah perusahaan akan melakukan rekrut pada orang-orang yang punya kemampuan berkomunikasi di atas rata-rata. So, pengalaman belajar di luar negeri akan menjadi pertimbangan utama bagi perusahaan untuk melakukan rekruitment, utamanya perusahaan multi nasional.

Ketiga, promoting your homeland’s culture: Indonesian cultures

Dengan kita mengikuti program ini secara tidak langsung kita akan menjadi duta wisata bagi Indonesia. Hal ini menjadi penting karena sebagian turis asing di Bali bahkan tidak mengetahui bahwa bali merupakan Indonesia. So, tidak ada salahnya jika kita mendapat kesempatan keluar negeri nanti, selain belajar juga kita perkenalkan budaya Indonesia. Pasti kita sebgai warga negara akan bangga jika bisa mempromosikan budaya Indonesia ke mata dunia.

Nah mungkin tiga keuntungan itu bisa menjadikan kita termotivasi untuk mengikuti student exchange. Asalkan kita punya keinginan dan kemauan, Insya Allah cita-cita kita bisa terwujud. Satu kalimat penutup yang ingin saya sampaikan adalah gunakan hidup kita ini untuk hal-hal yang bemanfaat, karena hidup hanya sekali dan tidak akan berulang kembali.