Tulisan kali ini direkomendasikan untuk adik-adik kelas XII SMA yang beberapa bulan kedepan melanjutkan belajarnya ke jenjang perguruan tinggi. Menjadi sesuatu yang wajar jika kalian merasakan kebingunguan dan kegalauan, hehe. Ditengah ketegangan menghadapi UN, kalian juga harus berfikir keras menghadapi beratnya seleksi masuk perguruan tinggi yang saingannya bukan lagi teman satu kelas ataupun teman satu sekolah kalian melainkan ratusan ribu siswa SMA di seluruh Indonesia.

Rasa takut kalian adalah sesuatu yang wajar. Semua orang termasuk saya juga sempat merasakannya. Kuncinya adalah bagaimana kita me-manage rasa takut itu menjadi pelecut semangat. Memang hal yang tidak mudah tapi saya sakin kalian BISA.

So, mau kemana setelah lulus SMA? Berikut ini saya sampaikan beberapa hal terkait pengalaman dan track record saya selama transisi SMA ke perguruan tinggi. Semoga bisa menjadi inspirasi atau paling tidak menjadi pertimbangan kalian ketika memasuki dunia perkuliahan.

Pilihlah jurusan atau program studi yang kalian sukai

Ada sebagian dari adik-adik yang  sudah mengetahui minat dan kemampuannya. Tapi saya yakin banyak juga yang sampai saat ini belum tahu apa potensi, minat dan kemampuannya. Tapi tenang, sekali lagi itu adalah sesuatu yang wajar. Jangan berkecil hati bagi kalian yang belum tahu  potensi, minat dan kemampuannya.

  • Coba mulai dari sekarang kenali siapa diri kalian?
  • Apa yang membuat kalian semangat untuk melakukan sesuatu?
  • Hal apa yang membuat kalian tidak merasa bosan ketika melakukan sesuatu?
  • Dan apa yang sering kalian lakukan sehari-hari?

Jangan sampai kalian memilih jurusan atau program studi hanya ikut-ikutan teman atau bahkan orang tua sekalipun. Bukan maksud saya mengajari kalian untuk melawan orang tua. Tapi coba lah untuk menyakinkan beliau bahwa pilihan kalian adalah tepat. Satu hal yang perlu kalian ingat, jangan sampai kalian menyesal setelah kuliah nanti. Jadikan apa yang kalian sukai sebagai pilihan hidup kalian.

Pilihlah perguruan tinggi yang punya akreditasi dan reputasi baik

Di Indonesia terdapat banyak sekali perguruan tinggi baik itu PTN maupun PTS. Hampir di tiap kota besar terdapat Universitas, institut, akademi, sekolah tinggi dan pendidikan berjenjang lain yang setara perguruan tinggi. Kalian bisa mempertimbangkan pilihan misalnya dalam hal biaya pendidikannya, biaya hidup di kota tsb, dan yang terpenting adalah akreditasi dan reputasi perguruan tinggi tersebut.  Dalam mencari informasi seleksi masuk  perguruan tinggi, kalian akan dituntut untuk aktif. Kalian bisa browsing di Internet, banyak berhubungan dengan Bimbingan dan Konseling di sekolah kalian, atau menanyakan langsung dengan kakak kelas kalian yang sekarang sedang kuliah di perguruan tinggi. Sekarang bukan saatnya untuk santai-santai, tapi kalian harus cepat. Karena hidup adalah persaingan, jangan sampai nantinya kalian menyesal karena tertinggal informasi dari pesaing-pesaing kalian. So, mulai dari sekarang cari informasi sebanyak-banyaknya dan jangan lupa mintalah saran dari orang tua, keluarga, sahabat atau teman, dll. Semoga jalan kalian dimudahkan Allah SWT.

Giatlah belajar dan berdoa

Ini adalah kunci pokok kesuksesanmu. Mulai sekarang atur baik-baik penggunaan waktumu. Hindari hal-hal yang kurang bermanfaat. Kalau ada waktu luang baik itu di rumah atau di sekolah maksimalkan untuk belajar. Jangan ikuti teman kalian yang main-main dan ga jelas. Kalian bisa mulai dengan latihan soal-soal SNMPTN dan soal-soal UM terkait perguruan tinggi tertentu. Selain belajar, jangan lupa berdoa pada Allah SWT. Perbaiki lifestyle kalian. Ingatlah bahwa Allah akan memudahkan jalan hambanya yang mau berdoa dan berusha

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Al-Insyirah ayat 5)

 

SELAMAT BELAJAR DAN BERFIKIR EFISIEN